DICIPOK sabtu kemarin masih membekas sampai sekarang.


Eith.. jangan negatip ting-ting dulu, bukan dicipok yang gituan ini lain DICIPOK Digital Cipta Kreatif Lokal, sebuah acara baru yang di gagas komunitas blogger jogja (KBJ), dalam acara ini ada beberapa hal yang di uprek dan dibahas, diantaranya tentang ilmu blogging, salah satunya tentang  pembuatan theme yang di bawakan oleh master theme wordpress mas jauhari, moneytize blogging oleh mbak Mubarika dari IDBlognetwork, tentang estetika dan kearifan lokal oleh paguyuban budaya selasa kliwon dan yang paling saya pembahasan tentang develop android oleh mas sony set , legkap dan maksimal pokoé.
gambarnya nyolong di fasbuknya KBJ, photo by JNS

Acara dimulai sekitar jam setengah sebelas sekitar 10 menit setelah sampai di joglo abang (tempat diselenggarakannya DICIPOK), sebelumnya sempat muter-muter beberapa menit untuk menemukan markas persembunyian para blogger ini, bertanya sampai tiga kali baru ketemu TKPnya. sekitar tiga puluhan lebih blogger jogja berkumpul dalam acara itu saling sharing dan berkenalan dengan yang lain. setelah pembukaan oleh tuan rumah dan panitia acara mas jauhari sebagai master of template membawakan sebuah presentasi tentang blogging menggunakan wordpress dan bagaimana mudahnya membuat template blog, sangat menarik sekali mas jauhari juga sedikit berbagi tetang tips dan trik bagaimana security wordpress, sekalipun saya jarang menggunakan wordpress tapi ini sangat bermanfaat.

mayan kena jepret, photo by JNS

dilanjutkan berikutnya tentang kearifan budaya lokal *khususnya jawa oleh Pak Anton dan Pak Prit dari paguyuban selasa kliwon, dua orang tua yang gaul ini menyampaikan dengan gamblang dan menarik tentang filosofi jawa , budaya-budaya jawa yang begitu arif dan santun yang kini mulai dilupakan oleh kita. selanjutnya tentang moneytize blog oleh mbak mubarika dari IBN, salah satu yang disampaikan mbak rika adalah tentang bagaimana mudahnya kita mendapatkan uang dari blogging dan betapa kualahannya advertis mencari publiser untuk memasang iklan mereka, dari kata-kata mbak rika tsb saya jadi terpicu untuk lebih semangat blogging dan memperbaiki blog ini.

Nah ini yang paling saya sukai pemaparan tentang pembuatan aplikasi berbasis android oleh mas sony set, penulis sekaligus developer  aplikasi android  ini menjelaskan bahwa membuat  android  itu sangat mudah dan siapapun bisa membuatnya, sekalipun tak mengerti koding, oleh mas sony langsung dipraktekkan beberapan trik untuk membuat aplikasi  android  seperti membuat komik  android , dan membuat theme  android , dan ternyata memang sangat mudah, mas sony juga berbagi tool-tool untuk membuat   aplikasi android  secara instan, sangat luarbiasa sekali, mas sony juga menjelaskan tentang realita mencengangkan bahwa banyak aplikasi di market android yang ber citra indonesia ternyata bukan buatan indonesia seperti aplikasi wayang yang ternyata di buat oleh orang belanda, kamus bahasa indonesia oleh orang china bahkan lagu indonesia di android dibuat oleh orang india, sangat memprihatinkan, dari itu mas sony memotivasi para blogger untuk mau belajar membuat aplikasi android. dicipok sabtu (28/01/12) kemarin sangat berkesan dan masih membekas dipikiranku jadi pengen dicipok lagi :D, semoga DICIPOK yang akan datang lebih menarik dan maksimal.




Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

  1. kemarin kamis kayanya ketemu juga sama mas sony ini di semarang
    dengerin dia ngobrol sama temen sebelah... agak malu malu juga buat nimbrung, cuma nyeleteuk

    oiya, yg cewek itu mba mubarika eka bukan?

    BalasHapus
  2. iya mas mbak mubarika dari IBN, kmrn mas sony juga cerita klo habis dari semarang, ikut acarane to?

    BalasHapus